13 February 2019

Gambar dan Tahapan Cara Kerja Mesin Fotocopy

Prinsip kerja dasar semua mesin fotocopy adalah Xerografi.  Xerografi bisa disebut dengan elektrofotografi merupakan sebuah teknik dari fotokopi atau mengandakan dokumen.  Mesin fotocopy menggunakan teknologi cahaya, drum dan toner untuk melakukan penyalinan, ketiga komponen  tersebut adalah komponen utama pada semua mesin  fotocopy.


mesin fotocopy
mesin fotocopy

Cara Kerja Cahaya Mesin Fotocopy
Saat melakukan penyalinan kertas, yang diletakan diatas kaca mesin otomatis akan disinari, nah sinar ini akan ditangkap dan dipantulkan oleh lensa ke arah drum. Drum ini memiliki muatan negatif sehingga serbuk toner yang berbahan dasar serbuk besi halus secara otomatis akan menempel pada toner. Drum yang terkena sinar pantulan dari lensa akan kehilangan muatan negatif sehingga serbuk toner tersebut tidak akan menempel, sedangkan untuk bagian yang tidak terkena sinar seperti tulisan atau gambar akan tetap mempunyai muatan negatif.

Cara Kerja Serbuk Toner Mesin Fotocopy
Dengan begitu serbuk toner akan menempel dan mengikuti bayangan dari dokumen asli. Setelah proses drum selesai menempelkan semua serbuk toner yang dibutuhkan untuk mencetak dokumen, kini saatnya kertas Salinan akan masuk lewat tray sheet ke bagian bawah drum. Drum akan berputar kebawah sejajar dengan permukaan kertas salinan. Alas pada tempat kertas salinan mempunyai daya tarik magnet yang jauh lebih kuat dari drum mesin, sehingga semua serbuk dari toner jatuh dan menempel pada kertas. Langkah dan proses terakhir adalah memanaskan sambal melakukan press serbuk toner pada kertas agar menempel dengan baik, kuat dan tidak lentur itulah kenapa kertas hasil fotocopyan akan terasa panas ketika dipegang.

Ilustrasi Cara Kerja Mesin Fotocopy
cara kerja mesin fotocopy


Tahapan dan Ilustrasi Cara Kerja dari Mesin Fotocopy 
1. pre-xposure adalah proses penyinaran pertama dari mesin.
2. primary charging adalah proses mengalirkan aliran listrik pada drum sehingga membuatnya bermuatan negatif untuk menarik toner.
3. laser-xposure adalah proses penyinaran dengan laser, untuk mendapatkan kualitas bayangan yang bagus dan lebih jelas, pada tahap ini bayangan dokumen asli di tangkap dan di pantulkan oleh lensa.
4.development adalah proses tahapan dimana serbuk toner mulai diisi dan ditempelkan ke drum mengikuti bayangan pantulan.
5.transfer adalah proses dari tahapan dimana kertas disiapkan.
6.separation adalah proses saat serbuk toner yang menempel di drum memisahkan diri dan akan menempel pada kertas karena tarikan magnet yang kuat dari alas kertas.
7. fixing adalah proses tahap memanaskan dan mempress toner pada kertas agar menempel dengan kuat sehingga hasil copyan menjadi lebih jelas.
8. cleaning adalah proses terakhir,  seperti namanya adalah tahap membersihkan drum dari sisa-sisa toner.

Nah itulah, tahapan sederhana bagaimana mesin fotocopy bekerja, sehingga bisa menghasilkan copyan dari dokumen yang asli. Proses dari mesin fotocopy cukuplah cepat meskipun tahapan-tahapannya banyak.



Referensi : http://rajafotocopy.com