06 February 2019

Syarat dan Cara Daftar SMS Banking BNI dan BNI Syariah

Berbeda dengan layanan e-Banking lain layanan SMS Banking BNI termasuk layanan e-banking yang paling flexible dan paling efisien. Karena jika menggunakan SMS banking otomoatis akan menggunakan layanan jaringan operator telepon seluler yang lebih luas dan stabil dibandingkan menggunakan jaringan internet. Sayangnya memang ada kelemahan yakni lebih ribet daripada layanan e-banking lainnya.

Cara Daftar SMS Banking BNI dan BNI Syariah
Cara Daftar SMS Banking BNI dan BNI Syariah

Hal ini dikarenakan Sobat harus menghafal beberapa format yang ada pada layanan SMS Banking dari BNI. Nah, Setiap jenis transaksi memiliki format sendiri-sendiri sehingga Sobat harus menghafal atau mungkin perlu mencatatnya agar tidak lupa.


Syarat Daftar SMS Banking BNI dan BNI Syariah
Bagi Sobat nasabah BNI yang ingin mendaftar layanan ini, berikut Serbacaramudah.com paparkan kepada Sobat mengenai cara daftarnya. Hal pertama harus diperhatikan adalah persyaratan yang harus disiapkan. Berikut persyaratan-persyaratan tersebut meliputi :
1. Kartu identitas diri (KTP/SIM/Passport).
2. Buku tabungan BNI.
3. Kartu ATM BNI (BNI Card).

Daftar Layanan SMS Banking BNI dan BNI Syariah
Kemudian jika semua syarat diatas sudah disiapkan, silahkan Sobat untuk bisa langsung ke kantor cabang bank BNI terdekat dari lokasi Sobat. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Ambil nomor antrian untuk ke customer service.
2. Sampaikan tujuan Sobat ke customer service untuk registrasi dan aktivasi layanan BNI SMS Banking.
3. Sobat akan dikasih form untuk Sobat isi secara lengkap termasuk tulis nomor HP Sobat yang aktif dan biasa digunakan.
4. Kemudian serahkan semua berkas yang sudah disiapkan dan customer service akan segera memprosesnya,
5. Setelah itu Sobat akan diminta untuk mengisi kode PIN SMS Banking.
6. Melalui langkah-langkah diatas, maka beberapa saat kemudian customer service akan memberitahu Sobat bahwa layanan SMS Banking BNI sudah bisa Sobat gunakan.

Cara Daftar SMS Banking BNI dan BNI Syariah Lewat ATM
Jika Sobat belum memiliki waktu untuk ke kantor cabang dan tidak mau ribet jika ada antrian, maka opsi dan pilihan untuk daftar SMS Banking BNI yaitu lewat ATM terdekat. Jadi Sobat tidak perlu pergi ke kantor cabang BNI. Berikut caranya :
1. Siapkan kartu ATM dan datanglah ke ATM BNI terdekat dengan lokasi Sobat.
2. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM.
3. Masukkan PIN ATM Sobat.
4. Dilayar akan tampil beberapa menu, pilihlah menu e-Channel.
5. Kemudian pilih menu -> BNI SMS Banking.
6. Sobat akan diminta memasukkan nomor HP yang akan diregistrasikan, masukkan nomor HP yang aktif.
7. Buatlah PIN 6 digit, ulangi masukkan PIN 6 digit kembali.
8. Setelah tahapan selesai, mesin ATM secara otomatis akan mengeluarkan struk registrasi SMS Banking BNI dan ponsel Sobat juga akan menerima pesan sukses registrasi dari 3346.

Perlu di ketahui bahwa registrasi SMS Banking melalui ATM tidak akan membuat Sobat langsung bisa menggunakan seluruh layanan SMS Banking. Sobat hanya boleh menggunakan layanan SMS Banking non finansial seperti halnya pengecekan saldo dan mutasi. Namun Untuk bisa menggunakan layanan finansial seperti transfer atau pembayaran listrik, maka wajib Sobat harus datang ke kantor bank BNI untuk melakukan aktivasi lebih lanjut.

Setiap transaksi melalui SMS Banking akan dikenai tarif sesuai kebijakan masing-masing operator telepon seluler. Biasanya dipatok biaya Rp.500,- untuk sekali transaksi yang sifatnya finansial. Kemudian transaksi non finansial tidak dikenai tarif. Untuk limit nominal transaksi melalui SMS Banking juga ada pembatasan yakni maksimal Rp 10.000.000 tiap harinya sedangkan isi pulsa maksimal Rp 2.000.000 per harinya. Kemudian untuk pembayaran tagihan tidak akan ada batasannya karena menyesuaikan besaran tagihan.

Referensi : https://dutaperbankan.com/cara-daftar-sms-banking-bni/